Musim Mangga, Waktunya Bikin Dessert Mangga

happiness is homemade

*** Ya ya ya, saya tahu musim mangga sudah lama berakhir, postingannya kelamaan di draft xD ***

Di bulan yang berakhiran “ber” biasanya buah mangga mudah ditemukan di mana-mana. Di supermarket, di minimarket,  di pasar tradisional, di penjual buah pinggir jalan, di halaman tetangga, di jalan depan rumah, di rumah mertua, sampe buka kulkas juga ada bau mangga masak menguar.

Di bulan November 2016 yang lalu, saat Anbhar membawa babyjo kunjungan rutin ke nenek aji di setiap hari Sabtu, pulangnya dibekali sekantong besar mangga masak. Awalnya sih asik menikmati mangga tiap hari, lama-lama kok bosan ya. Mau bikin olahan buah mangga seperti smoothies atau jus mangga tapi blender lagi rusak.

Akhirnya saya berinisiatif bikin es krim mangga berbekal resep hasil gugling. Sukses donggg, alhamdulillah ya semua yang mencicipi bilang es krimnya enak dan lembut 😀 Nah 2 pekan berikutnya saat kunjungan lagi ke tempat nenek aji, dibekali lagi satu kantong gede mangga masak. Selain dimakan sebagai buah potong, saya cobalah bikin puding mangga dengan resep hasil gugling juga. Ini emak bener2 mengandalkan internet yak, apa-apa gugling xD

Baca juga : Resep es kelapa muda kw, segar dan yummi

buah mangga

Buah mangga memang bisa banget dikreasikan menjadi beragam olahan, mulai dari es krim, puding, smoothie, cake, campuran es bahkan dicampurkan dalam masakan juga oke. Jika ingin dimakan sebagai buah potong pun bisa, saya lebih suka menyantap mangga potong yang dingin, manis dan segar 😀 Kalau mangganya belum matang, bisa dijadikan rujak, manisan dan asinan mangga atau campuran sambel, kalau di Makassar biasa disebut sambel raca’ mangga, duh baru membayangkan saja sudah menerbitkan saliva di dalam mulut xD

Saat gugling tentang buah Mangga saya menemukan beberapa fakta menarik tentang buah dengan nama latin Mangifera indica ini. Selama ini saya mengira buah mangga adalah buah asli dari Indonesia, ternyata bukan hehehhe. Seperti arti dari nama latinnya yaitu (pohon) mangga berasal dari India, daerah asalnya memang dari perbatasan India – Burma. Di India, mangga telah ditanam lebih dari empat ribu tahun, bahkan enam ribu tahun yang lalu. Meskipun berasal dari India, namun ternyata buah mangga menjadi lambang nasional dari negara Filipina.

Tanaman mangga menyebar ke berbagai negara sejak 1500 tahun silam,dimulai dari  Semenanjung Malaysia lalu masuk ke Indonesia dan negara sekitarnya. Penyebaran ini mungkin terjadi karena dibawa oleh para pedagang India ataupun penyebar agama Hindu dan Budha. Karena cocok dengan iklim dan suhu di Indonesia, akhirnya tanaman mangga tumbuh dengan baik, cepat berkembang dan menghasilkan buah dengan kualitas yang baik.

Nah, kembali ke niat awal saya bikin postingan ini yaitu berbagi resep olahan buah mangga- es krim mangga dan puding mangga. Langsung saja yuk 😀

es krim mangga homemade

Resep aslinya menggunakan mangga manalagi, tapi mangga yang saya peroleh dari mertua bukan jenis ini. Entah mangga apa namanya, sangat berserat meskipun tetap manis. Karena ga bisa pake blender yang sedang rusak, akhirnya mangganya saya saring pake saringan mpasi babyjo dulu. Jadinya pure mangga yang dihasilkan memang benar-benar halus, seratnya tertinggal di saringan.

Setelah dimasukkan freezer, adonan es krim akan dimixer lagi sampai tiga kali. Tampaknya merepotkan tapi hasilnya memang benar-benar lembut dan rasanya creamy, enakkkkkk. Kalau gak mau repot bisa sekali mixer saja lalu dibagi ke dalam beberapa wadah dan dibekukan, cuma yaaa hasilnya gak akan selembut dengan tiga kali mixer.

Untuk resep es krim mangga homemade berikut ini adalah hasil gugling, sepertinya aslinya dari blog Dapoer Lys tapi setelah saya cek lagi, blognya sudah ga ada. Jika ingin lihat step by step-nya lengkap dengan gambar, cek di blog Dapur Ibu.

Es Krim Mangga yang Lembut – tanpa SP (emulsifer)

 Bahan :
  •  4 buah Mangga yang sudah matang sekali
  • 1/2 cup (100 ml) Susu kental manis
  • 150 gr Whipping cream (saya pakai merk pondan)
  • 200 ml Air es
  • 1 buah Mangga, potong dadu
Cara Membuat :
  •  Kupas dan iris mangga, kemudian blender (tanpa air) sampai halus. (karena blender lagi rusak, mangganya saya potong-potong kemudian disaring)
  • Campurkan puree mangga dengan susu kental manis, aduk rata, sisihkan.
  • Campur whipping cream dengan air es, aduk rata.
  • Mixer hingga mengembang dan kaku.
  • Masukkan puree mangga ke dalam adonan whipping cream, aduk rata.
  • Bekukan dalam freezer sampai setengah beku.
  • Keluarkan dan mixer kembali hingga lembut.
  • Bekukan kembali dalam freezer hingga 2 – 3 jam, kemudian keluarkan dan mixer kembali hingga lembut.
  • Bekukan kembali dalam freezer hingga 2 – 3 jam, kemudian keluarkan dan mixer kembali hingga lembut.
  • Campurkan potongan mangga, aduk rata. (saya skip bagian ini, karena pengen es krim tanpa potongan mangga)
  • Tuang dalam wadah, bekukan kembali sampai saat dihidangkan. (saya bagi ke dalam beberapa wadah kecil)

puding mangga susu

Sebenarnya saya bukan penggemar puding mangga, kurang suka saja tanpa alasan yang jelas. Pas mangga menumpuk di kulkas, saya kepikiran bikin puding mangga susu untuk babyjo, karena sepertinya dia mulai bosan makan buah mangga potong. Eh ternyata babyjo suka loh sama puding mangga ini, mungkin karena lembut, dingin dan susunya berasa sekali.

Cara buat puding mangga ini juga mudah, hanya cemplung-cemplung dan didinginkan di kulkas hehehhe Oya berhubung si blender masih rusak, lagi-lagi saya menggunakan saringan untuk mendapatkan pure mangga. Resep puding mangga susu saya tuliskan berikut ya, dicontek dari blog Isna Sutanto.

Puding Mangga Susu

Bahan :

  • 500 gr daging buah mangga, blender dgn 100 ml air (saya pake saringan)
  • 1/2 kaleng susu kental manis
  • 600 ml air (saya pake 700 ml)
  • 100 gr gula pasir
  • 1 bungkus agar-agar plain

Cara Membuat :

  • SKM + air + gula pasir + agar-agar dimasukkan ke dalam panci
  • Masak dengan api sedang sampai mendidih, sambil diaduk-aduk
  • Masukkan puree mangga, terus diaduk agar mangga tidak mengendap
  • Setelah mendidih, angkat dan tuang ke dalam cetakan
  • Dinginkan dan sajikan.

Semoga membantu untuk kamu yang sedang cari resep olahan buah mangga – puding susu mangga dan es krim homemade 🙂

2 comments

Leave a Reply

nineteen − eleven =