Antara Blogger, Anyang-Anyangan dan Uri-Cran

Hidup sebagai seorang blogger bukan tanpa risiko. Jika mendengar ragam bahaya dan penyakit yang mengintai para pekerja kantor ataupun lapangan, bukan tidak mungkin akan menyerang para blogger juga.

Selama ini jika ditanya apa saja penyakit yang mungkin menimpa blogger, umumnya kita mendengar jawaban maag, ambeien, backpain dan mata lelah atau iritasi kan? Ini tentu saja berkaitan dengan aktivitas duduk lama tanpa peregangan, malas bergerak dan mata yang jarang berkedip karena terus menerus menatap layar komputer.

Sependek sejarah saya menjadi seorang blogger, saya pernah merasakan menderitanya jika backpain menyerang. Sungguh menyiksa, duduk salah, berbaring pun salah. Kali lain, mata merah iritasi ikut-ikutan menyerang. Mata berair terus menerus serasa ada pasir mengganjal di kelopak mata. Dua penyakit ini menyebabkan saya menghentikan sementara aktivitas duduk lama di depan komputer.

Selang dua tahun kemudian, saya mengenal penyakit lain yang juga berpotensi menyerang blogger. Anyang-anyangan namanya. Awalnya terasa seperti urin yang tidak tuntas dikeluarkan setelah selesai buang air kecil. Balik lagi ke kamar mandi lagi, buang air kecil lagi eh kok rasanya gak tuntas lagi, akhirnya balik kamar mandi dengan niat menuntaskan yang gak tuntas tadi, gitu aja terus sampai timeline facebook adem :))

Yang jelas rasanya sangat tidak nyaman, saya sampai membatalkan beberapa janji temu karena masalah ini. Kan gak lucu kalo lagi ngobrol seru dan tiap beberapa menit saya harus berkali-kali permisi ke belakang xD

Mengenal Anyang-Anyangan

Kita kaum wanita sering sekali terkena yang namanya anyang-anyangan. Penyakit ini juga kambuhan, jadi ya setelah terkena satu kali mungkin banget akan terkena lagi di kemudian hari. Gejala yang paling mudah dideteksi ada dua, yaitu sering buang air kecil dalam jumlah sedikit dan tidak lancar, juga terasa nyeri dan sakit saat buang air kecil.

Konon risiko seorang wanita terkena anyang-anyangan sepanjang hidupnya mencapai 50 persen. Bahkan kebanyakan perempuan juga berisiko mengidap kondisi ini berulang kali bahkan hingga bertahun-tahun. Waw kok bisa? Laki-laki gimana? Ya laki-laki juga sangat mungkin terserang anyang-anyangan tapi risiko terbesar ada pada perempuan.

Menurut penelitian, 5 di antara 10 wanita pernah mengalami Infeksi Saluran Kemih (ISK) dengan gejala awal anyang-anyangan. Kondisi ini memang merupakan salah satu indikasi infeksi saluran kemih. Wanita lebih rentan terserang anyang-anyangan karena saluran kemihnya lebih pendek (sekitar 3-5 centi meter, sehingga bakteri akan lebih mudah mencapai kandung kemih. Berbeda dengan uretra laki-laki yang lebih panjang sepanjang penisnya, sehingga kuman sulit masuk.

Penyebab Anyang-Anyangan

Berbagai bakteri dan kuman menjadi penyebab utama infeksi, di antaranya bakteri Escherichia Coli atau yang lebih dikenal dengan bakteri E.Coli, juga bakteri Pseudomonas dan bakteri Klebsiella. Meski tampak remeh, jika tak segera diobati maka bakteri bisa saja berkembang biak semakin banyak lalu mulai memasuki saluran kemih bagian atas yang berpotensi sampai ke area ginjal. Ginjal yang terinfeksi bisa berakhir pada gagal ginjal. Parah kan? Makanya kenali penyebabnya agar bisa menghindari anyang-anyangan sedini mungkin.

Beberapa faktor yang paling sering menjadi penyebab anyang-anyangan adalah kurang minum, terlalu lama duduk, sering menahan pipis, kurang menjaga kebersihan seputar daerah saluran kencing dan riwayat penyakit kelamin. Hai blogger, familiar dengan 3 faktor awal? xD
Suami saya sering bawel soal minum saya yang kurang dari 2 L per hari. Katanya saya kalo sudah duduk depan komputer suka lupa banyak hal, gak meluangkan waktu untuk meregangkan tubuh, menahan pipis dan suka lupa minum. Akibatnya ya itu tadi, saya beberapa kali terkena backpain, mata iritasi dan juga anyang-anyangan.

Juga pak suami yang otomatis mengingatkan ambil tisu setiap kali saya mau buang air kecil di kamar mandi umum. Dia tau banget kebiasan istrinya yang males bawa tisu ke kamar mandi 😀 Nah, kebiasaan sesudah buang air kecil yang kebersihannya tidak diperhatikan inilah yang menjadi penyebab infeksi saluran kemih dalam banyak kasus pada wanita.

Cara Mencegah Anyang-anyangan

Sebenarnya jika ditelusuri penyebabnya, maka cara mencegah anyang-anyangan ini sederhana saja.

1. Konsumsi air putih yang cukup, terlebih untuk kamu yang terlalu sering duduk dalam jangka waktu lama. Nah kena nih pekerja kantoran dan para blogger :)) Usahakan minum minimal 8 gelas dalam sehari. Makin banyak ya makin bagus.

2. Menjaga kebersihan, utamanya area intim. Termasuk di sini mempelajari cara cebok yang benar, rajin mengganti pakaian dalam, menjaga agar area intim tidak lembab, dan membersihkan area kelamin sebelum berhubungan intim dan setelahnya.

3. Jangan pernah menunda-nunda untuk buang air kecil. Siapa nih yang suka begini? *acung jari malu-malu* Kebiasaan menunda ke kamar kecil berpotensi membuat bakteri E. Coli yang sudah menempel menjadi berkoloni semakin banyak yang pada akhirnya bisa menimbulkan infeksi saluran kemih.

Lalu gimana kalau sudah terlanjur terkena anyang-anyangan, ada solusi untuk mengatasinya? Selain tetap menerapkan 3 tips alami di atas, ada cara mengatasi anyang-anyangan lainnya yang cukup ampuh untuk diterapkan.

Salah satunya adalah dengan rajin mengkonsumsi cranberry. Kandungan dalam buah cranberry bisa mengatasi susah buang air kecil. Buah Cranberry merupakan buah yang kaya akan antioksidan proantocyanidin yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Fakta lainnya, antioksidan ini sifat anti-adhesi yang mampu mencegah menempelnya bakteri E. Coli di saluran kemih.

Cranberry dengan nama latin Vaccinium oxycoccos termasuk tanaman semak yang tumbuh liar, jika diperhatikan mirip dengan blueberry hanya berbeda pada warnanya saja. Sayangnyaaa, buah ini susah didapatkan di Indonesia, paling banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada.

Lah yaaa gimana menawarkan solusi kok tanggung-tanggung, apa mesti cari sampe ke Amerika dan Kanada?

Di sinilah teknologi berperan. Sekarang ada yang namanya ekstrak buah cranberry. Jika tak bisa menemukan buah cranberry, ada ekstraknya yang juga sama bermanfaatnya. Ekstrak buah cranberry mulai digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan dan kesehatan saluran kemih. Bulan April 2004, setelah melalui uji klinik akhirnya AFSSA – sebuah lembaga pengawas obat dan makanan Prancis – mengeluarkan ijin penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing.

mengatasi anyang-anyangan dengan uri-cran

Mengatasi Anyang-anyangan Dengan Uri-Cran

Jadi gak perlu jauh-jauh ya ke Kanada dan Amerika. Cari saja si ekstrak cranberry ini di apotek terdekat. Namanya Prive Uri-cran. Kandungannya 100% ekstrak cranberry. Jika gak ada bisa ngecek ke 4 apotik besar yaitu Century, Viva Generik, Kimia Farma, Guardian.

Untuk tahu lebih jauh tentang Prive Uri-cran bisa ngecek langsung ke wesitenya yaaa di http://uricran.co.id/.

 

10 comments

  1. Zilqiah Angraini says:

    kayaknya sy pernah kena anyang2an juga slama 2 hari, disuruh naikkan kaki diatas kepala dibawah selama bbrapa menit hahahahah siksata biar sembuh katanya. tapi skrg ternyta ada uricran ya solusinya 😀
    goodluck kak nanieee

Leave a Reply

four + eighteen =